Catat, Berikut Jadwal One Way Arus Mudik dan Balik di Tol Cikampek Hingga Kalikangkung

Jakarta, Transnews.co.id – Korlantas Polri mengumumkan akan memberlakukan sistem satu arah atau one way di jalan tol saat mudik lebaran 2022. Nantinya, jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan dari arah timur menuju Jakarta akan digunakan untuk kendaraan yang menuju timur saat arus mudik.

Penerapan one way arus mulai berlaku pada 28 April 2022 pukul 17.00 WIB. One way berlaku dari KM 47 Tol Jakarta Cikampek sampai KM 313 gerbang Tol Kali Kangkung.

“Pada saat one way ini nanti diterapkan, tentunya nanti akan ada konsekuensi. Para pemakai jalan anggota masyarakat yang akan menggunakan jalur tol ke arah Jakarta, tentunya tidak akan bisa masuk jalan tol,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Menurutnya, nantinya akan ada petugas yang memandu. Petugas itu tidak akan membiarkan kendaraan masuk ke tol yang mengarah ke Jakarta saat pemberlakuan one way. Kendaraan tersebut akan dialihkan melalui jalur arteri atau non-tol.

baca juga :   Jelang Mudik Idulfitri Satlantas Polres Katingan Cek Jembatan Hampangen

“Untuk menghindari adanya pemborosan bahan bakar, waktu tunggu yang terlalu lama, kami menyarankan, mereka yang mengarah ke Jakarta menyimak jadwal kapan one way ini kami akhiri. Sehingga di situ akan kita harapkan layanan prima, layanan maksimal jalan yang dilakukan,” ucap Firman.

Persiapan penerapan one way akan dilakukan dua jam sebelumnya. Begitu juga dua jam menjelang selesainya one way akan disiapkan rekayasa lalu lintasnya.

“Jadi bagi anggota masyarakat yang masih di rest area, kta akan memberikan pengumuman untuk segera meninggalkan rest area, karena nanti kalau sudah one way justru tidak bisa menggunakan jalur tol. Akan tertahan karena terlalu bahaya apabila terjadi berlawanan arus,” tambahnya.

“Jadi kami harapkan nanti dua jam sebelum pelaksanaan one way kita akan memberikan instruksi kepada jajaran. Kita pastikan jalur aman baru kita buka. Ini dua jam sebelum one way. Termasuk dua jam setelah menjelang kita selesaikan. Jadi masyarakat mohon sabar dan terus ikuti berita-berita,” tegasnya.

baca juga :   Oneway Arus Balik Tol Palimanan Hingga Cikampek Mulai Diberlakukan

Perlu diketahui, berikut jadwal dan rute lengkap kebijakan one way di jalan tol selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Jadwal Penerapan Waktu One Way Mudik

1. Kamis (28/4) pukul 17.00 WIB – 24.00 WIB dimulai dari KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

2. Jumat (29/4) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

3. Sabtu (30/4) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

4. Minggu (1/5) pukul 07.00 WIB – 12 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

Jadwal Penerapan Waktu One Way Arus Balik

baca juga :   KM 44-46 Tol Jagorawi arah Ciawi Diberlakukan Contraflow

1. Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek).

2. Sabtu (7/5) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim)

3. Minggu (8/5) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).

4. Polri juga dapat memberlakukan sistem one way mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan kondisi volume lalu lintas yang terjadi di lapangan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com