Cegah Karhutla, Manggala Agni Dirikan Posko di Pulang Pisau

Pulang Pisau, Transnews.co.id – Manggala Agni di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang khusus membidangi kebakaran hutan lahan (karhutla) kembali mendirikan posko kerja di ruas Jalan Trans Kalimantan, Desa Jabire Raya, Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Posko didirikan sejak awal Januari 2022 guna mengantisipasi bila terjadinya kebakaran hutan khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau kawasan Tumbang Nusa.

“Tujuan dari pondok yang dijadikan posko ini memang khusus menjaga posisi Tumbang Nusa di daerah Taruna itu,” terang Hasanudin, Kepala Komandan Regu, Manggala Agni, Minggu (13/2/2022).

baca juga :   BPBD Riau Minta Daerah Rawan Karhutla Tetapkan Status Siaga

“Tidak hanya di Tumbang Nusa, tapi semua wilayah yang yang berpotensi kebakaran di Pulang Pisau tetapi tidak hanya di Jabiren dan Tumbang Nusa saja kita pantau,” ucapnya.

Anggota Manggala Agni ada tiga regu salah satunya ada di Kabupaten Kapuas, dalam regu tersebut setiap bulannya diputar bergantian.

Untuk wilayah yang perlu dijaga ketat, lanjut Hasanudin yaitu Tumbang Nusa karena jika terjadi kebakaran, lama untuk bisa dipadamkan. Apalagi bila memasuki musim kemarau sangat berbahaya.

baca juga :   Kabupaten Kepulauan Meranti Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Melihat kondisi tersebut, untuk mengantisipasi rawan kebakaran pihaknya tidak berpatokan pada bulan tertentu.

“Memang untuk memasuki musim kemarau ada pada April namun mulai Januari 2022 Manggala Agni sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mandiri,” ujar Hasanudin.

Seperti patroli, sosialisasi, mengecek lokasi rawan kebakaran, dan memastikan sumber airnya, jadi itu sudah mulai dilakukan.

baca juga :   Pemkab Kepulauan Meranti Usulkan Penetapan Status Siaga Karhutla

Selanjutnya dia menambahkan, tinggal nanti jika terjadi kebakaran pihaknya sudah siap dan punya titik sumber airnya sudah ada.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com