DAERAH  

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Bone Bolango Bentuk Desa Bersinar

Suwawa, Transnews.co.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango terus berkomitmen mencegah dan memberantas narkoba dengan melakukan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah Kabupaten Bone Bolango melalui program pembentukan Kelurahan maupun Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar).

“Tahun 2021 ini, kami di BNNK Bone Bolango membentuk Kelurahan/Desa Bersinar, masing-masing di Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila dan Desa Huntu Selatan Kecamatan Bulango Selatan,” kata Kepala BNNK Bone Bolango, Rakhma Hubu, di hadapan awak media dalam press release akhir tahun 2021, di Kantor BNNK Bone Bolango, Jumat (24/12/2021).

Sebelumnya, kata Rakhma Hubu, pada tahun 2020, pihaknya juga telah membentuk satu Desa Bersinar, yakni Desa Talulobutu di Kecamatan Tapa.

baca juga :   Dalam Waktu 3 Bulan, Polres Tulungagung Berhasil Amankan 38 Pelaku Narkoba dan Miras

Dengan demikian jumlah Kelurahan/Desa Bersinar di Kabupaten Bone Bolango sudah tiga, yakni satu kelurahan dan dua desa.

Dikatakannya, tujuan pembentukan Kelurahan/Desa Bersinar ini tidak lain adalah untuk mendorong upaya P4GN hingga ketingkat bawah, yakni desa dan kelurahan dengan melibatkan aparatur pemerintah dan masyarakat di desa maupun kelurahan setempat.

Pada program Desa Bersinar ini, jelas Rakhma Hubu, dilaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, serta rehabilitasi pecandu atau pengguna narkoba.

Untuk rehabilitasi yang dilaksanakan pada kelurahan maupun Desa Bersinar ini dilakukan melalui program IBM atau Intervensi Berbasis Masyarakat.

baca juga :   Satresnarkoba Polres Tulungagung Berhasil Menangkap Dua Pengedar Sabu Dikamar Kos

“Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan seperti pembentukan dan fasilitasi agen pemulihan yang diharapkan mampu melakukan intervensi, rehabilitasi, dan pasca rehabilitasi secara mandiri di lingkungan masyarakat,” jelas Rakhma.

Selain itu, lanjut Rakhma, dalam bidang pencegahan BNNK Bone Bolango melaksanakan dua program nasional, meliputi pembentukan Remaja Teman Sebaya.

Program ini bertujuan membentuk lingkaran remaja teman sebaya yang saling mendukung dan memiliki ketahanan tinggi dalam tiga aspek (self-regulation, assertiveness, dan reaching out).

“Target tahun 2021 adalah 10 remaja dapat ditingkatkan ketahanan dirinya melalui 10 kali pertemuan. Alhamdulillah target ini berhasil terpenuhi,” ujar Rakhma.

baca juga :   Polda Jatim Jadikan Kampung Tangguh Bebas Narkoba Sebagai Role Model Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Kemudian program kedua adalah Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Ini bertujuan meningkatkan ketahanan keluarga (ayah, ibu, dan anak) dalam membentengi diri dari penyalahgunaan narkoba melalui kemampuan berkomunikasi, mengenali stres dan parenting skill.

”Target lima keluarga dalam empat sesi pertemuan dan berhasil dilaksanakan,”tutur Rakhma Hubu.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com