Dukung Program Kampung KB, Condongcatur Sleman Siapkan Rumah Data

98 seconds reading this post

Sleman, Transnews.co.id – Pengurus Pokja Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Condongcatur Kabupaten Sleman DI Yogyakarta menggelar Rapat Koordinasi di ruang Wacana Loka Condongcatur, Kamis (10/2/2022).

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, dalam sambutannya menyampaikan komitmen dan dukungan pemerintah Kalurahan Condongcatur untuk mendukung Program Kampung KB.

“Telah disiapkan ruangan untuk RUMAH DATA Kampung KB yang akan menempati Gedung PKK sehingga semua data bisa disajikan di sana,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kamituwa Condongcatur Al Thouvik Sofisalam. Ia mengatakan bahwa anggaran untuk Kampung KB untuk 2022 telah ditingkatkan guna mendukung kegiatan Kampung KB Condongcatur. “Ditambah tahun 2022, Condongcatur menjadi locus penurunan stunting,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Air Sedunia, Bupati Sleman Bersama Kejati DIY Tanam 5.000 Bibit Pohon

Ketua KB Condongcatur, Novita Safitri menyampaikan bahwa Rumah Data menjadi poin utama kegiatan Kampung KB pada 2021. “Karena semua data kependudukan dapat di akses di sana, harapannya ke depan setelah Rumah Data tersedia Condongcatur dapat menjadi percontohan kampung KB di Kabupaten Sleman,” ungkapnya.

Rumah Data sendiri adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat dan intervensi permasalahan kependudukan. Cakupannya sendiri adalah sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis, data yang bersumber dari, dan oleh masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Wabup Sleman Buka Pagelaran Festival Van Der Wijck 2022

Keberadaan rumah data tidak bisa dilepaskan dari kampung KB. Posisi rumah data sangat strategis karena merupakan pusat semua penyajian data pembangunan di kampung KB baik fisik maupun non fisik.

Kampung KB sendiri merupakan salah satu upaya penguatan Program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Tujuan umum Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta Pembangunan Sektor Terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualiatas

BACA JUGA :  Wabup Sleman Buka Pentas Seni Tari Kuda Lumping

Siti Juwariyah selaku Penanggung jawab Program KB Kapanewon Depok menyampaikan Sasaran Kampung KB adalah balita, remaja, lansia, keluarga, pasangan usia subur (PUS), Keluarga yang punya balita, remaja, lansia, dan lintas sektor sesuai bidang tugas masing-masing.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait