FGD Ulas Program Little Sukabumi Ditengah Masa Pandemi

Kota Sukabumi,transnews.co.id-Kota Sukabumi memiliki program Little Sukabumi sebuah program unggulan bagaimana mempromosikan UMKM ke daerah lain khususnya pemasaran dan promosi baik UMKM, budaya, dan sejarah Sukabumi.

Hal itu terungkap saat Walikota Sukabumi Ahmad Fahmi membuka kegiatan Forum Group Discusion (FGD),Jumat (11/12/2020).

Kegiatan tersebut dilaksankan untuk mendapatkan masukan dan saran dari mahasiswa dan dosen perguruan tinggi terkait program Little Sukabumi di tengah masa pandemi.

Wakikota Sukabumi Ahmad Fahmi dalam kesempatan itu mengatakan di tengah pandemi, pemkot berupaya membangkitkan dan menguatkan serta aktivasi UKM (usaha kecil dan menengah) dan IKM (industri kecil dan menengah) di Kota Sukabumi. Salah satunya Little Sukabumi,”ujar Fahmi.

Baca Juga :   Anda Mau Berbagi Silahkan: Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi Buka Layanan Pojok Berbagi

Fahmi mengungkapkan dalam RPJMD, prorgram Little Sukabumi semangatnya menjadi pusat informasi, pusat tranksaksi, pusat edukasi UKM dan produk lokal Kota Sukabumi.

“Di mana pada waktu dahulu disusun dan didesain belum mempertimbangkan pandemi Covid,”tuturnya.

Awalnya,sambung Fahmi, pemkot Sukabumi menargetkan produk lokal Kota Sukabumi bisa masuk ke daerah lain sesuai harapan produk dari Sukabumi untuk dunia. Namun di pandemi harus ada pola rencana yang diubah.

“Oleh karenanya dalam FGD Ingin diskusi dengan dosen dan mahasiswa dalam membuat desain Little Sukabumi untuk meningkatkan derajat UMKM Sukabumi,”ucap Fahmi.

Baca Juga :   Pejabat KPA, PA, PPK Dan PPTK Kota Sukabumi Ikuti Bimtek Pengadaan Barang Dan Jasa

Fahmi menegaskan, tantangannya sekarang di masa pandemi mengandalakn pemasaran digital dan mengurangi langsung.

“Mari berkolaborasi meningkatkan kemampuan dan diskusi ini untuk melahirkan pola dan desain serta perencanaan baru mengantisipasi tahun mendatang yang belum tahu seperti apa karena pandemi. Intinya FGD jadi salah satu tahapan memperbaiki kondisi Sukabumi,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayi Jamiat menerangkan, program ini sejalan dengan visi misi Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera.Dan misi ketiga yakni ekonomi daerah yang maju bertumpu sektor perdagangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga :   Saepurohman Udung Nahkodai PGRI Kota Sukabumi

“Hal ini dilakukan kerjasama dengan dunia pendidikan, usaha dan daerah sekitar,”paparnya.

Dikatakan Ayi,Little Sukabumi ini direncanakan di empat daerah yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

“Dari tiga kota yang sudah perjanjian dengan Smesco dibawah Kemenkop UKM untuk promosi UMKM di Jakarta,”pungkasnya.(Ris) Editor:Nas

 1,900 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X