IKS Tertinggi Tingkat Provinsi, Puskesmas Kuta Alam Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

Banda Aceh, Transnews.co.id – Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebagai Puskesmas dengan Indeks Keluarga Sehat (IKS) Tertinggi Tingkat Provinsi Aceh.

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes RI drg. Saraswati, MPH saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Ada 12 Indikator Keluarga Sehat beberapa diantaranya keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan lainnya.

Kepala UPTD Puskesmas Kuta Alam drg. Lia Silvianty mengatakan bahwa Puskesmas Kuta Alam bersaing dengan seluruh provinsi se Indonesia.

baca juga :   Menkes Targetkan 78% Belanja Dalam Negeri Untuk Pengadaan Barang dan Jasa Kesehatan

Dan dari hasil penilaian dari Kemenkes menetapkan tiga puskesmas Kota Banda Aceh mendapatkan nilai IKS tertinggi untuk Provinsi Aceh.

“Alhamdulillah merasa bersyukur dan bangga, menjadi salah satu penerima penghargaan dari tiga puskesmas dengan IKS tertinggi tingkat Provinsi Aceh. Dua lainnya yaitu Puskesmas Ulee Kareng dan Puskesmas Kopelma Darussalam,” kata Lia, Selasa (7/12/2021).

Lia menjelaskan tahapan penetapan kategori puskesmas IKS pada awalnya dilakukan survei keluarga sehat dengan pendekatan keluarga langsung ke wilker Kuta Alam.

Selanjutnya dilakukan pemetaaan di enam gampong di Kecamatan Kuta Alam. Setelah mendapatkan hasil survei IKS lalu dilakukan penginputan ke dalam aplikasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

baca juga :   Wali Kota Bogor Puji Aceh dalam Memuliakan Tamu lewat Pantun

“Setelah dilakukan penginputan dalam aplikasi tersebut kita akan mengetahui keluarga mana yang akan diintervensi lebih lanjut dan apabila ada perubahan data maka kita perbaiki data aplikasi tersebut. Penilaian dari Kemenkes diperoleh dari aplikasi PIS-PK tersebut,” jelas Lia

Harapan dan target ke depan, seluruh komponen masyarakat yang berada di enam gampong Kecamatan Kuta Alam menjadi keluarga sehat melalui Program PIS/PK.

Atas Penghargaan tersebut, Camat Kuta Alam Reza Kamilin, S.STP ucapkan selamat dan mewakili warga Kuta Alam turut berbangga atas capaian penghargaan yang diraih oleh Puskesmas Kuta Alam.

“Mudah-mudahan ini juga menggambarkan kesehatan masyarakat dan keluarga di Kecamatan Kuta Alam menjadi lebih baik,” kata Reza.

baca juga :   Kota Kediri Raih Anugerah Media Humas 2021

Menurutnya, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit menular maupun tidak menular, terciptanya lingkungan rumah yang sehat termasuk juga kesehatan jiwa dari seluruh warga Kuta Alam juga tercermin dari hasil yang diperoleh ini.

“Kami siap memberi dukungan untuk menjadikan Puskesmas Kuta Alam menjadi lebih baik,” katanya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com