DAERAH  

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah Bisa Dilewati Pemudik

Pekanbaru, Transnews.co.id – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang pada seksi Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dilewati untuk mudik Lebaran tahun 2022.

“Insya Allah, saat Lebaran jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dipakai (dilewati),” kata Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, Sabtu (9/4/2022) malam.

Karena itu, pihaknya berharap pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 40 Km itu tidak ada kendala. Sebab saat ini pekerjaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang tinggal sedikit lagi.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pekerjaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang yang tinggal sedikit lagi. Kalau tak salah tinggal penyelesaian akses jalan menuju jalan nasional (jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang),” ungkapnya.

baca juga :   H-7 Lebaran, Kondisi Lalulintas Tol Cikampek Terpantau Lancar

Sebelumnya, Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko mengatakan, pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai pada 20 April 2022 mendatang.

Diaman saat ini pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang hanya tersisa di jalan akses menuju ke jalan nasional, yang berada di Sungai Pinang depan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau.

“Kami tinggal menyelesaikan yang menuju ke ases jalan nasional depan SPN itu saja. Target kami tanggal 15 sampai 20 April sudah selesai,‎” katanya.

‎Lebih lanjut Bambang menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menggesa pekerjaan pembangunan rigit sepanjang lebih kurang 200 meter dan pengaspalan jalan rigit tol Pekanbaru-Dumai sepanjang sekitar 400 meter.

baca juga :   Volume Kendaraan Padat, Tol Cikampek Masih Berlakukan One Way

“Tersisa sekitar 400 meter lagi, itu pengaspalan rigitnya saja, kalau yang pembangunan rigit tinggal 200 sampai 300 meter,” terangnya.

Disinggung apakah jalan tol Pekanbaru-Bangkinang bisa difungsionalkan saat Lebaran, Bambang mengaku belum bisa memastikan Sebab kewenangan penetapan jadwal uji coba dan fungsional tol sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat.

“Namun untuk fungsional kita menunggu arahan pusat. Yang jelas tugas kami melaporkan progresnya, termasuk jika nanti sudah selesai langsung kita laporkan. Sedangkan untuk fungsionalnya kita ikut kebijakan dari pusat,” ujarnya.

baca juga :   Kakorlantas Polri Cek Jalur Mudik Trans Jawa di Jawa Timur

Meski demikian, Bambang menyatakan, diperkirakan pada mudik Lebaran tahun ini jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dibuka.

‎”Kalau target kami tanggal 20 April ini sudah bisa dilewati. Insya Allah ‎mudik Lebaran bisa dilakukan untuk uji coba, tapi untuk kebijakan itu kewenangan pemerintah pusat,” katanya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com