Pemkot Depok Gelar Sosialisasi Pembangunan 2024

DEPOK, transnews.co.id || Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) menggelar Sosialisasi Pembangunan Kota Depok Tahun 2024 di Hotel Savero, Senin (08/01/24).

Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris dihadiri Ketua DPRD Kota Depok, T.M. Yusufsyah Putra, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Depok, Silvia Desy Rosalina, serta perwakilan Perangkat Daerah Kota Depok.

“Sosialisasi pembangunan ini merupakan rangkaian awal pelaksanaan kegiatan tahun 2024 yang berfokus pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas pelayanan publik” ujar Mohammad Indris dalam sambutannya.

Kepala Bappeda Dadang Wihana menjelasakan, strategi pembangunan Daerah difokuskan pada prioritas-prioritas pencapaian target pembangunan daerah sesuai dengan visi misi Kota Depok.

“Alhamdulillah terkait hal ini juga penduduk miskin Kota Depok berada diposisi terendah di Provinsi Jawa Barat dan ke-4 terendah se-Indonesia. Demikian juga dengan tingkat pengangguran di Depok yang mengalami penurunan selama kurun waktu 2020-2023,” ujarnya.

baca juga :   Crane Jatuh di Pancoran Mas Depok, Timpa Rumah Warga

Dirinya memaparkan bahwa pembangunan infrastruktur wilayah dan infrastruktur strategis akan dapat membangkitkan usaha ekonomi produktif masyarakat.

Diantaranya pembangunan dan penataan gedung pendidikan, perkantoran, pembangunan alun-alun di wilayah barat serta taman hutan kota, Depok open space tahap kedua yang nantinya akan dilanjutkan untuk pembuatan jogging track hingga penataan lapangan, kampung caraka, simpang sengon,

Selanjutnya, pembangunan ekonomi dan sosial Tahun 2024, yaitu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat saat ini maupun masa mendatang melalui pemerataan pembangunan ekonomi yang bertumpu pada peningkatan kualitas SDM.

Pada kesempatan ini, Kadinkes Kota Depok Mary Liziawati menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan 2024 Tahun ini bertemakan “Pemantapan Kemitraan dan Surveilans berbasis Masyarakat untuk Mencapai Layanan Kesehatan Bermutu yang Terintegrasi (Kesuma Yantegrasi) “.

baca juga :   Pemkot Pastikan UMK Depok Tahun 2022 Ada Kenaikan

Dalam hal ini, isu strategis pembangunan kesehatan 2024 harus dijalankan agar tercapai tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Hal ini bisa berjalan dengan baik dengan memprioritaskan kegiatan-kegiatan seperti percepatan penurunan stunting, UHC yang akan terus dipertahankan, standar pelayanan bidang kesehatan, penguatan surveilians, penguatan kayanan kesehatan primer dan rujukan, keamanan pangan yang Alhamdulillah Depok meraih juara 1 ketahanan pangan Nasional,” ucap mary Liziawati.

Sama halnya dengan Dinkes, Dinas PUPR juga mempunyai program Tahun 2024 yaitu penunjang urusan pemerintahan Daerah Kab/Kota, pengembangan permukiman, penataan bangunan dan lingkungannya.

Citra Indah Yulianti Kadis PUPR mengatakan bahwa program prioritas pembangunan Kota Depok Tahun 2021-2026 di Dinas PUPR Tahun 2024 yaitu penyelenggaraan jalan, pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum, pengelolaan sumber daya air (SDA), pengelolaan dan pengembangan sistem drainase serta penataan bangunan gedung, terkait RTH juga sudah mulai dengan pembebasan tanah.

baca juga :   BPJamsostek Kota Depok Menggelar Jamsostek Fair

Mengutip pedoman Jaksa Agung nomor 5 Tahun 2923 tentang pelaksanaan kegiatan pengamanan pembangunan strategis juga sesuai dengan fungsinya yang merupakan lembaga Pemerintahan, peran kejaksaan juga sangat penting dalam hal mengawal pembangunan. (YN)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com