DAERAH  

Pj Sekda Kalteng Buka Kegiatan MTBS

Palangka Raya, Transnews.co.id – Pj. Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin membuka sekaligus memberikan paparan di kegiatan Mentoring Teritorial Berkah Sejahtera (MTBS) Pemprov Kalteng dan Korem 102/Panju Panjung di Aula Makorem 102/PJG, Selasa (25/1/2022).

H. Nuryakin mengatakan, Korem 102/PJG telah menginisiasi dan mencanangkan Program Kampung Berkah, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, terlebih di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19.

Karena itu, Saya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Mentoring Teritorial Berkah Sejahtera pada hari ini. Kegiatan ini tentu penting untuk mendorong dan memastikan Program Kampung Berkah tersebut agar bisa berjalan baik dan optimal.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Korem 102/Panju Panjung,” ujar Nuryakin.

baca juga :   Tergerus Air, Siring Jembatan Danau Mare Katingan Ambruk

Program Kampung Berkah sendiri bertujuan untuk dapat membantu menormalisasi perekonomian masyarakat secara berkesinambungan, melalui pengembangan berbagai sektor ekonomi.

Seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan UMKM, yang disesuaikan dengan keunggulan dan kebutuhan spesifik di masing-masing wilayah.

Nuryakin berharap kegiatan ini tidak hanya untuk pelaku UMKM. Tetapi juga untuk generasi milenial untuk dapat menumbuhkan semangat kreatifitas, inovasi dan generasi berdaya saing tinggi di era saat ini.

Juga ikut serta dalam membangun daerah khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah untuk mewujudkan Kalimantan Tengah Makin Berkah.

Seperti diketahui UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta, di mana komposisi Usaha Mikro dan Kecil sangat dominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha.
Adapun wujud keseriusan Pemprov Kalteng dalam hal UMKM tertuang pada Misi Pertama Kalteng Makin Berkah yaitu Mempercepat Pembangunan Ekonomi yang Produktif, Kreatif Dan Berwawasan Lingkungan.

baca juga :   Pacu Perekonomian Daerah, Pemprov Kalteng Kembangkan Industri Kreatif

Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional khususnya pembangunan Kalimantan Tengah.

Untuk itu Kalimantan Tengah dipercaya sebagai salah satu lokasi pengembangan dan pembangunan Food Estate yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Dengan adanya peningkatan kualitas dan kapasitas SDM masyarakat Kalimantan Tengah akan turut menyukseskan dan bahkan mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat Asli Kalimantan Tengah yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kualitas ekonomi Kalimantan Tengah.
Selanjutnya materi-materi yang nantinya akan disampaikan oleh para narasumber, kapasitasnya tidak perlu diragukan lagi, bisa memberikan masukan penting dan strategis untuk percepatan pembangunan dan peningkatan perekonomian Kalimantan Tengah.

baca juga :   Bulog Respon Langkanya Minyak Goreng Subsidi di Kalteng

“Di antaranya dalam memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Putra Daerah, pengembangan sektor UMKM, dan juga optimalisasi pemanfaatan dana desa,” ucap Nuryakin.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com