POSSI Jatim Berkolaborasi Dengan IKA Unair dan Radio SS Bersih-Bersih Sampah Laut

Para atlit selam saat menggelar aksi memberikan sampah plastik di tepi pantai Bahari Pasir Putih Situbondo.

Situbondo, Transnews.co.id – Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim, berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga dan SUARA SURABAYA RADIO melaksanakan kegiatan Underwater Clean Up pada tanggal 13-14 November 2021.

Ratusan Atlet, pelatih, instruktur, dan masyarakat kawasan Pasir Putih Situbondo akan menyelam sambil mengambil sampah Dasar Laut.

Hal tersebut, dikatakan Ketua POSSI Jawa Timur, Mirza Muttaqin usai memungut sampah di dasar laut Pasir Putih Situbondo, sabtu (13/11/2021).

Lebih lanjut, Mirza Muttaqin menjelaskan, bahwa bersih-bersih dan mengambil sampah di dasar laut sesuai harapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama masyarakat melakukan ‘Beach clean up’ Bersih- bersih pantai di area nelayan Puger Jember. Ini adalah gerakan peduli lingkungan yang harus didukung dan menjadi kesadaran bersama akan pentingnya menjaga laut,”Ayo terus gotong royong bersihkan Laut dan Pantai Jawa Timur,” ujar Mirza Muttaqin.

baca juga :   Tanamkan Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Situbondo Gelar Polisi Sahabat Anak

Para atlet selam menggelar aksi membersihkan sampah plastik di tepi pantai dan di dasar laut Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Aksi memungut sampah di pantai Pasir Putih ini mengawali ajang Kejurda selam nomor laut yang digelar oleh Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, bekerja sama dengan Pemkab Situbondo.

baca juga :   KKP Pastikan Tindakan Ketat Kapal Cantrang di Situbondo

“Kami ingin setiap event selam diawali dengan bersih-bersih pantai dan laut, karena sampah plastik dapat merusak biota laut,” ujarnya

Mirza Muttaqin menjelaskan, bahwa kegiatan bersih-bersih sampah laut juga sebagai upaya mengedukasi kepada masyarakat sekitar pantai agar menjaga laut dari sampah, terutama sampah plastik.

“Bersih-bersih pantai dan laut ini adalah sebuah inisiasi yang pertama, dan kami harapkan ini menjadi sebuah gerakan yang dilakukan setiap ada kegiatan kejuaraan,” tuturnya.

Mirza menambahkan, ada sekitar 20 penyelam yang memungut sampah di kedalaman hingga 10 meter. Sampah yang dibersihkan rata-rata sampah plastik, seperti botol air minum, masker, tempat makanan dan lainnya. “Kegiatan bersih-bersih sampah di pantai ini sekaligus menjadi pembuka event selam nomor laut yang digelar POSSI Jatim. (hd).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com