Stok Vaksin Masih 272.529 Dosis, Wagub Kalteng Minta Bupati/Wali Kota Kejar Capaian Vaksinasi

Palangka Raya, Transnews.co.id – Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo meminta Bupati/Wali Kota serta Forkopimda Kabupaten/Kota terus mengejar pelaksanaan akselerasi peningkatan capaian vaksinasinya.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Satgas Covid-19 Provinsi Kalteng sampai dengan tanggal 22 Maret 2022, Kecamatan yang capaian dosis 1 masih di bawah 80% sebanyak 42 Kecamatan atau 30,88%, tersebar di seluruh Kabupaten/Kota kecuali Kabupaten Sukamara yang seluruh kecamatannya sudah di atas 80%.

Sedangkan kecamatan yang capaian dosis 2 masih dibawah 70% sebanyak 77 kecamatan atau 56,62%, tersebar di seluruh Kabupaten/Kota.

Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan seluruh Bupati/Wali Kota, supaya melakukan akselerasi vaksinasi pada kecamatan-kecamatan yang masih rendah, sehingga capaian vaksinasi merata pada seluruh kecamatan.

baca juga :   RSI Siti Hajar Apresiasi Akselerasi Vaksinasi Polresta Sidoarjo

“Saudara Bupati/Wali Kota agar dipetakan lebih detail lagi ketingkat Desa/Kelurahan, sehingga semakin terlihat dengan jelas dan kita juga bisa lebih fokus dalam melakukan intervensi percepatan vaksinasi pada desa/kelurahan yang masih rendah capaian vaksinasinya,” kata Edy dalam Rakor Penanganan Covid-19 dan Percepatan Vaksinasi Booster Memasuki Bulan Ramadhan dan Lebaran 1443 H di Provinsi Kalteng, yang berlangsung terpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (24/3/2022).

Rakor dihadiri secara langsung Forkopimda Provinsi Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng. Hadir secara virtual Bupati dan Forkopimda serta Kepala Perangkat Daerah terkait di Kabupaten/Kota.

baca juga :   Pemerintah Terus Gencarkan Vaksinasi di Bulan Ramadan

H. Edy Pratowo menghimbau kepada Bupati/Walikota agar tidak perlu ragu-ragu untuk melaksanakan vaksinasi, karena stock vaksin di seluruh Kabupaten/Kota masih tersedia, dengan jumlah stock saat ini sebanyak 272.529 dosis.

Wagub Edy Pratowo juga meminta seluruh jajaran Pemerintahan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng untuk menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan memakai masker untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 termasuk varian Deltacron.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten/Kota agar meningkatkan pengadaan masker dan mendistribusikan secara merata kepada masyarakat. Meningkatkan akselerasi vaksinasi dengan target sasaran pada kecamatan-kecamatan yang capaian dosis 1, dosis 2 dan booster yang masih rendah.

baca juga :   Kemenkes: Lebih Dari 100 Juta Penduduk Indonesia Telah Divaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap

Menyiapkan pelaksanaannya secara baik, publikasikan dengan masif secara bersama-sama, berikan stimulan atau bingkisan yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat, dan hendaknya dilaksanakan sampai tingkat kecamatan, desa/kelurahan

“Saya minta dalam satu minggu ini sebelum bulan Puasa, terjadi peningkatan capaian vaksinasi yang signifikan dan merata, terutama pada kecamatan-kecamatan yang masih rendah,” tutup Edy.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com