DAERAH  

Urus KK, Akte dan KTP di Kediri Kini Bisa Satu Hari Jadi, Ini Aplikasinya

 

Kabupaten Kediri, transNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Kediri membuat terobosan dengan mengeluarkan program aplikasi pengurusan dokumen kependudukan bernama Satu Hari Jadi (Sahaja).

Sahaja adalah aplikasi penunjang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berfungsi untuk mempermudah pelayanan sistem secara daring.

Bupati Kediri, Handindhito Himawan Pramana meyakini aplikasi Sahaja sangat berguna bagi masyarakat yang sedang mengurus dokumen Kependudukan tapi terkendala oleh waktu.

“Ini adalah terobosan baru untuk mempermudah masyarakat mengurus surat-surat seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan sebagainya,” kata Handindhito.

Meski baru 5 yang telah resmi beroperasi, Handindhito menargetkan Sahaja dapat kembali beroperasi di 13 kecamatan di Kediri.

baca juga :   Aplikasi ASAP Digital Nasional, Deteksi Dini Kebakaran Hutan

Dia menerangkan, Sahaja dibuat berdasarkan analisa yang menyebutkan bahwa selama ini, telah terjadi antrean panjang pada dinas yang mengurus tentang dokumen rumah tangga.

Karena itu, dia meminta agar masyarakat mampu memanfaatkan aplikasi Sahaja untuk kebutuhan mengurus dokumen yang dimaksud.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri, Wirawan mengatakan dalam layanan aplikasi “Sahaja” secara daring tersebut per hari bisa melayani 250 dokumen.

Sementara berikut lima data kantor yang telah melayani aplikasi Sahaja antara lain di Kecamatan Banyakan, Wates, Papar, Pare, Ngadiluwih, dan Kantor Disdukcapil Kabupaten Kediri.

Beberapa dokumen yang bisa diurus itu, misalnya dokumen surat pindah datang, surat pindah keluar, akta kelahiran, akta kematian, dan kartu keluarga (KK).

baca juga :   Vaksinasi Masal Ke-2 Desa Gayam Disambut Antusias Masyarakat

Namun, ia mengatakan ada beberapa dokumen yang belum bisa lewat daring, yakni kartu identitas anak (KIA) serta kartu tanda penduduk (KTP). Model kartu tersebut khusus, sehingga harus diambil di kantor.

“Karena sifatnya baru, layanan daring ini per hari baru bisa 250 dokumen. Semua dokumen dikirim langsung ke email pemohon,” kata Wirawan.

Wirawan mengakui jumlah itu memang masih sedikit, namun ke depan tentunya semakin berkembang bisa melayani lebih banyak lagi berbagai macam dokumen. Aplikasi itu tentunya bermanfaat, terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19 ini.

baca juga :   Polres Bojonegoro Ciptakan Aplikasi 'Matur Pak Kapolres'

Ia juga menegaskan pihaknya semakin memperbaiki layanan, sehingga warga yang mengurus dokumen tidak terlalu lama menunggu.

Selain segera menyelesaikan berkas, ke depan juga akan dilakukan digitalisasi dokumen, sehingga lebih mempersingkat waktu pengurusan berkas kependudukan.

Acara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dengan tamu yang sangat terbatas.(Rud)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com