Dinkes Pulang Pisau Imbau Masyarakat Jangan Takut Vaksinasi Booster

Pulang Pisau, Transnews.co.id – Sebagian besar masyarakat di Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap ketiga atau dosis ketiga booster. Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga ini, dalam rangka percepatan program vaksin diberbagai daerah di Indonesia.

Di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) sendiri, proses pelaksanannya pun masih terus berjalan. Dari pelaksanaan yang sudah berlangsung, sejumlah warga yang sudah divaksinasi mengalami keluhan pada tubuhnya.

Di antara keluhan itu, ada yang nyeri pada bekas suntikan bahkan sampai demam. Dari penuturan beberapa narasumber mengungkapkan, pasca mengikuti suntik vaksin tahap ketiga ini, secara umum tubuhnya mengalami demam disertai menggigil di sekujur tubuh dan sebagian kecil lagi efeknya merasa lemas, pusing dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga :   Mobil Vaksin Kemenparekraf Bawa 500 Dosis Sinovac Untuk Warga Wonosobo

“Iya usai vaksin sehari badan berasa pegal disertai demam (menggigil) dan nafsu makan tidak ada,” ucap Rani, salah seorang peserta vaksinasi Booster.

Senada, disampaikan salah seorang warga yang juga telah mengikuti vaksin tahap ketiga mengalami gejala atau efek yang sama. Usai divaksin merasakan nyeri luar pada bekas suntikan dan nafsu makan bertambah dan tubuh menggigil. “Hal itu juga dialami teman saya lainnya dengan gejala hampir sama,” ujarnya.

Menanggapi apakah efek vaksin dosis ketiga atau tahap ketiga ini membahayakan bagi tubuh. Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina, Rabu (16/2/2022), menyebutkan efek samping pasca vaksin tahap ketiga tidak berbahaya dan dapat pulih kembali, dan itu berdasarkan keterangan pihak BPOM.

Baca Juga :   Gubernur Kalteng Sambangi Warga Pinggiran Sungai Kahayan

“Kalo KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, umumnya adalah nyeri atau pegal sekitar bekas suntikan, demam dan sebagian kecil ada juga yang lemas atau pusing atau kehilangan nafsu makan,” ujar dr Pande.

Dia menambahkan, semisal keluhan pasca vaksin dirasa berat atau parah, maka yang bersangkutan dapat mendatangi puskesmas atau rumah sakit terdekat di daerahnya masing-masing.

Oleh karena itu pihak Dinas Kesehatan Pulang Pisau meminta agar masyarakat khususnya di bumi Handep Hapakat tidak takut mengikuti vaksinasi ketiga.

Baca Juga :   Tren Kasus Menurun, Pasien Sembuh Covid-19 di Jakarta Capai 848.527 Jiwa

“Hak itu tidak dipungut biaya, kalo demam dan pegal bisa diminumkan obat warungan, diantaranya minum obat Paracetamol. Itu biasanya keluhan yang umum mas, karena vaksin dosis tiga atau tahap ketiga bisa Pfizer, Modern atau Astrazeneca,” pungkasnya.

 100 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.