Pengamanan Libur Nataru, Polda Sumut Siap Gelar Operasi Lilin Toba 2021

Sumut, Transnews.co.id – Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forkopimda Sumut jelang natal dan tahun baru di Mapolda Sumut, Selasa (30/11/2021) sore.

Rapat koordinasi lintas sektoral tingkat Provinsi Sumatera Utara itu dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah dan dihadiri oleh Pangdam Bukit Barisan serta Forkopimda Sumut. Setelah rapat, Forkopimda juga melakukan simulasi pengamanan Natal dan tahun baru.

“Dari hasil rapat tadi yang pertama kita siap untuk seluruh kepala dinas dan kementerian lembaga yang terkait siap untuk menghadapi pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra.

Selanjutnya, untuk menyukseskan pengamanan Natal dan tahun baru, kata Irjen Panca, dibutuhkan sejumlah langkah strategis dan kerjasama lintas sektoral. Langkah-langkah itu, kata Panca, salah satunya dengan memaksimalkan vaksinasi terhadap warga.

baca juga :   Polres Jombang Siapkan 500 Personil Amankan Libur Nataru

“Kegiatan masyarakat yang tidak penting lebih baik kita sepakati untuk dilaksanakan di rumah saja. Kegiatan mudik kalau tidak penting tidak usah, kita imbau untuk masyarakat mau mentaati ini demi kesehatan kita bersama di Sumut,” tambahnya.

Untuk menjaga kegiatan Natal dan tahun baru lanjutnya, pihaknya melakukan berbagai langkah di mana salah satunya yaitu Operasi Lilin Toba Tahun 2021. Operasi itu bakal digelar mulai tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

“Kita akan melaksanakan berbagai cara yang pertama kita akan melaksanakan, tempatkan pos-pos pengamanan dan pos-pos cek poin untuk memastikan bahwa masyarakat yang melaksanakan perjalanan itu dalam keadaan sehat. Makanya salah satu cara yang dapat kita lihat kita simulasikan pelaksanaan pos pengamanan tugasnya dalam rangka memastikan masyarakat yang lewat baik itu masuk ke Sumatera Utara maupun yang lewat antar kabupaten- kota,” ungkapnya.

baca juga :   Guna Pastikan Kota Surabaya Aman dan Sehat, Polrestabes Surabaya Gelar Simulasi Pam Nataru

“Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat itu poin penting kita harus bersama-sama sepakat ancaman saat ini adalah pandemi COVID lebih baik kita di rumah minimalisir kegiatan yang tidak penting kita lewati dan rayakan dan tahun baru dalam situasi yang lebih kondusif di rumah masing-masing,” tandasnya.

baca juga :   BDC Jadi Pilihan Warga Batang Berwisata Awal Tahun

Kapolda Sumut menyebut personel disebar di 33 kabupaten-kota di Sumut, terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, tim SAR, Bina Marga, PUPR sekaligus BMKG.

Untuk diketahui, ada sekitar 177.212 personel gabungan yang bakal dilibatkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Kemudian ada pula 3.159 pospam dan ada 1.113 posyan yang disiagakan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com