DEPOK  

Pengangkutan Sampah oleh DLHK Kota Depok tetap Optimal Selama Libur Nataru

Ardan Kurniawan, Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok
Ardan Kurniawan, Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok

DEPOK, transnews.co.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memastikan bahwa operasional pengangkutan sampah tetap optimal selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Petugas kebersihan juga armada pengangkut sampah telah siaga, tanpa ada sistem piket untuk memastikan kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Ardan Kurniawan, menegaskan bahwa Satuan Tugas (Satgas) kebersihan tetap bekerja selama libur Nataru, Ardan juga menjelaskan bahwa manajemen sampah dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru di Kota Depok sangat efisien, sehingga volume sampah minim. Bahkan, untuk malam Tahun Baru, tim Satgas telah disiapkan untuk bekerja secara mobile.

“Operasional pengangkutan sampah berjalan normal. Untuk libur Nataru ini kita tidak ada sistem piket. Semua Satuan Tugas (Satgas) kebersihan tetap bekerja,” ujar Ardan di ruang kerjanya, Rabu (27/12/2023).

baca juga :   Dua Kabupaten di Gorontalo Gelar Pasar Murah Menjelang Natal

Ardan menjelaskan bahwa sampah rumah tangga yang diangkut oleh petugas akan melalui proses pemilahan awal. Hal ini dilakukan karena sampah dari rumah warga dapat diolah menjadi pupuk organik yang bermanfaat.

“Pengolahan sampah menjadi pupuk dilakukan di Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kota Depok. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang akhirnya berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” jelasnya.

baca juga :   Jelang Nataru, Polres Bojonegoro Gelar Operasi Lilin Semeru 2021 Selama 10 Hari

Meski demikian, Ardan menekankan bahwa pihaknya telah mengantisipasi dengan mengimbau seluruh Unit Pengolahan Sampah (UPS) di Kota Depok agar maksimal dalam mengolah sampahnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi produksi sampah yang berakhir di TPA Cipayung.

“Sudah kami arahkan ke UPS se-Kota Depok agar dapat mengoptimalkan pengolahan sampahnya. Dengan harapan, sampah yang masuk ke TPA Cipayung bisa berkurang,” tambahnya.

Ardan juga mengungkapkan rencananya untuk tahun 2024, diantaranya mengoptimalkan UPS, bank sampah, budi daya maggot, dan pengelolaan sampah berbasis kawasan.

“Pastinya banyak opsi-opsi yang dapat kita laksanakan untuk mengatasi permasalahan sampah,” tuturnya.

baca juga :   Cek Kesiapan Nataru, Direktur Transmisi Pantau Kesiapan Pasokan Listrik Secara Langsung

Menurutnya, permasalahan sampah bukanlah hal yang bisa diselesaikan dengan mudah, melainkan membutuhkan kolaborasi yang baik dari semua pihak.

“Harus ada kolaborasi dari semua nya, baik itu dari Pemerintah, Legislatif, Yudikatif, dan tentunya partisipasi aktif masyarakat Kota Depok karena tanggung jawab terhadap sampah adalah tanggung jawab bersama,” tutupnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com