Satlantas Polres Cimahi Imbau Warga Yang Akan Berlibur Lebaran di Lembang

Cimahi, Transnews.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi mengimbau masyarakat agar mengantisipasi jalur wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada libur Lebaran 2022. KanitLaka Satlantas Polres Cimahi Ipda Bayu Subekti mengatakan momentum libur Lebaran 2022 diiringi dengan musim hujan yang dapat meningkatkan potensi bencana, apalagi kawasan Lembang memiliki geografis pegunungan.

“Pada libur Lebaran 2022, Satlantas Polres Cimahi akan mengingatkan masyarakat karena sekarang musim hujan. Para pengendara roda dua jangan memaksakan diri jika hujan,” kata Bayu di saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Senin (2/5/2022).

Jika ingin melanjutkan perjalanan, kata dia, para pengendara motor diimbau tidak menggunakan jas hujan berbentuk ponco karena jas hujan tersebut ujungnya bisa menggantung ke jari-jari roda sepeda motor.

baca juga :   Mulai Dipadati Pemudik Motor, Pelabuhan Merak Berlakukan Sistem Buka Tutup

“Jadi kalau menggantung, itu bisa mengait ke jari-jari terus pengendarabisa rawan jatuh,” kata dia.

Selain sepeda motor, ia mengimbau kendaraan roda empat agar tidak parkir di bawah pohon besar atau pohon tua karena saat hujan deras disertai angin kencang, maka pohon tua berpotensi tumbang.

baca juga :   Satlantas Polres Kebumen Cek Kesiapan Jalur Jelang Mudik

“Kendaraan roda empat kalau hujan jangan memaksakan diri, lebih baik parkir terlebih dahulu, tapi parkirjangan di bawah pohon besar,” kata dia.

Adapun jalur wisata di kawasan Lembang yang berpotensi longsor, katanya, ada di sepanjang Jalan Kolonel Masturi. Tepatnya di dekat destinasi wisata Imah Seniman, dan di kawasan Cisarua, Bandung Barat.

“Sejak malam takbiran, Lembang sudah mulai padat, tapi alhamdulillah lalu lintas terkendali dan sejauh ini tidak ada kasus kecelakaan yang menonjol yang menimbulkan korban,” katanya.

Di samping faktor alam, dia mengingatkan masyarakat yang akan berwisata ke Lembang pada libur Lebaran 2022 agar mempersiapkan dengan baik kendaraan yang akan digunakan.

baca juga :   One Way dari KM 427 Tol Ungaran-Bawen Disiapkan

“Jangan sampai kendaraannya bermasalah karena kalau orangnya siap, tapi kendaraannya tidak siap, maka tetap akan menimbulkan bahaya,” kata Bayu.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com