HUKUM  

Bupati Buleleng Dukung Upaya Pembinaan di Lapas Kelas IIB Singaraja

Buleleng, Transnews.co.id – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mendukung penuh segala upaya, terobosan dan inovasi yang dilakukan dalam hal pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Pisah Sambut Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja di Gedung Wanita Laksmi Graha, Jumat (24/12/2021).

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja yang sebelumnya dijabat oleh Mut Zaini digantikan oleh I Wayan Putu Sutresna dari Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Denpasar.

Agus Suradnyana menjelaskan, pembinaan di Lapas menjadi hal yang sangat penting. Lapas merupakan bagian dari lembaga penegak hukum yang sangat penting artinya. Dalam upaya rangkaian penegakan hukum yang bertujuan untuk membina warga binaan, sehingga diharapkan nantinya warga binaan dapat diterima di lingkungan masyarakat secara wajar, dan dapat berperan aktif dalam pembangunan.

baca juga :   Sukses Bangun Smart Farming, Kementan Surprise dengan Capaian Duta Petani Milenial Bali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng senantiasa mendukung dan membantu serta membuka ruang informasi terkait upaya pembinaan terhadap warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja. Untuk itu kerja sama yang telah terjalin tetap dijaga dan ditingkatkan.

Kepada Kalapas yang baru diharapkan agar amanah yang dibebankan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan agar dapat dilaksanakan dengan peningkatan kinerja dan disiplin. Demi mencapai prestasi yang cemerlang.

“Selamat bekerja semoga diberikan kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” ucap Agus Suradnyana.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) RI Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk menyebutkan, pemerintah daerah sangat mendukung keberadaan Lapas Kelas IIB Singaraja. Ini dibuktikan dengan komitmen yang diberikan oleh Gubernur Bali untuk permohonan lahan sebagai lapas baru di Buleleng.

baca juga :   Petani Milenial Gobleg Bali Sukses Padukan Organic dan Smart Farming

Diperkirakan tujuh hektare lebih lahan disiapkan di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak. Saat ini, Kanwil Kemenkumham RI Provinsi Bali tinggal menunggu pengalihan aset. “Setelah itu pembicaraan pembangunan akan dimulai. Rencana anggaran yang digunakan dari APBN,” sebutnya.

Dukungan penuh dari pemerintah daerah khususnya Pemkab Buleleng juga diakui oleh Mut Zaini. Bagaimana hubungan dirinya selama bertugas di Buleleng sangat harmonis.

Seluruh stakeholders bekerja bersama dengan sangat baik. Mulai dari pemkab, Aparat Penegak Hukum (APH) dan Forkopimda. Semuanya sangat mendukung kinerjanya di Buleleng. “Jadi saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman sekalian. Insan media juga demikian, sangat kooperatif dan selalu konfirmasi. Sukses untuk Buleleng. Yang jelas saya sampaikan, di manapun kita berada harus selalu berinovasi,” kata dia.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Singaraja yang baru I Wayan Putu Sutresna mengungkapkan, pada dasarnya ia akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Mut Zaini.

baca juga :   Bupati Buleleng Ajak TLCI Ikut Kembangkan Pariwisata

Dukungan juga diharapkan oleh pihaknya untuk memajukan Lapas Kelas IIB Singaraja. Khususnya dalam program pembinaan yang sudah berjalan dengan baik. “Jadi kami hanya melanjutkan bahkan kalau perlu bisa kami tingkatkan,” katanya.

“Untuk sementara kami akan jajaki dulu ke depannya. Mudah-mudahan bisa kita ciptakan inovasi yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi di Lapas Singaraja,” tutup mantan Kepala Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Denpasar ini.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com