DAERAH  

BLK Pasuruan Selenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Sebanyak 560 peserta, mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang di selenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan.

Pasuruan, Transnews.co.id – Sebanyak 560 peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang di selenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan. Ke 560 peserta tersebut, mengikuti 9 paket pelatihan dan masing-masing paket berjumlah 16 orang.

Adapun 9 paket, yaitu menjahit pakaian dengan mesin, pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi, pembuatan roti&kue, pengoperasian mesin bubut, audio video, tata rias kecantikan, pengelolaan administrasi perkantoran, junior administrative assistant dan practical office advance.

Kepala UPT Balai Latihan Kerja Pasuruan, Setijo Budi, Senin (7/2/2022) mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Kerja bagi pencari kerja agar memiliki Pengetahuan keterampilan Kerja, dan (sikap) Etitude sesuai kebutuhan pasar kerja, sehingga dapat terserap didunia industry maupun berwirausaha.

baca juga :   Dirbinmas Polda Jatim Pimpin Apel Bhabinkamtibmas di Polres Pasuruan

Peserta pelatihan, adalah pencari kerja yang berada dilingkungan Kab./Kota Pasuruan, yang diterima melalui seleksi selama 1 (satu) hari, sedangkan hari di sesuaikan paketnya dan Pelatihan dilaksanakan ada yang selama 18 hari, 33 hari dan 38 hari.

Nara sumber/ Instruktur yang melatih, adalah Instruktur UPT Balai Latihan Kerja Pasuruan sesuai dengan sub. Kejuruan masing-masing, TNI untuk materi Fisik Mental dan Disiplin, Bahaya Narkoba dari Kepolisian. dan dari dunia Industri.

Setijo Budi mengutip pernyataan Kadisnaketrans Jatim, Himawan Estu Subagio, saat membuka Pelatihan Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I 2022, yaitu permasalahan ketenagakerjaan memang sangat komplek. Hal tersebut antara lain disebabkan oleh terus meningkatnya jumlah angkatan kerja dari waktu ke waktu, dari pertumbuhan penduduk dan perkembangan pendidikan, dimana setiap tahun akan memberikan kontribusi penganggur baru yang berasal dari Lulusan baru dari pendidikan (fresh graduate). Belum lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini juga berdampak yang luar biasa dibidang ketenagakerjaan.

baca juga :   Calon Kades Beji Gelar Syukuran Bersama Timses

Pelatihan tersebut, juga dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten, sehingga dapat mengatasi pengangguran serta meningkatkan daya saing di pasar kerja, pelatihan yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja harus senantiasa menyesuaikan kebutuhan industri agar menghasilkan tenaga kerja yang diinginkan dan dapat diterima secara langsung oleh industri sehingga fungsi link and match antara program pelatihan dengan kebutuhan dengan industri benar-benar terwujud. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com