Progres Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Regional Umbulan Jatim Capai 50%

Para pekerja PT. Waskita Karya TBK, sedang melakukan pengeboran dan penyambungan pipa di Jln. Mayjend Sungkono Kecamatan Kebomas, Gresik.
Para pekerja PT. Waskita Karya TBK, sedang melakukan pengeboran dan penyambungan pipa di Jln. Mayjend Sungkono Kecamatan Kebomas, Gresik.

JATIM, transnews.co.id – Proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan Untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur, merupakan Proyek yang di laksanakan oleh PT. Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana, KSO Yodya Karya – Ciriajasa EC sebagai Konsultan Supervisi dan Satker Pelaksanaan Prasaran Permukiman Balai Prasarana Permukiman Wilayah I sebagai Pemilik Proyek.

Proyek tersebut, merupakan Proyek APBN dan termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Dan proyek tersebut berkontrak pada tanggal 25 Oktober 2022.

Proyek pembangunan jaringan perpipaan untuk percepatan SPAM regional umbulan Provinsi Jawa Timur tersebut, dimaksudkan untuk menambah jumlah penduduk yang terlayani air bersih pada wilayah penyerapan sesuai kesepakatan bersama (SKB) SPAM Regional Umbulan khususnya Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan.

Sebagaimana disampaikan oleh Maruli Humas PT. Waskita Karya Tbk pada rilisnya, Kamis (27/7/2023) menjelaskan, bahwa pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut berada di 3 lokasi, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan. Sedangkan pekerjaan utama yang dilaksanakan di proyek tersebut, adalah Pemasangan Pipa, Pekerjaan pengadaan pipa, pekerjaan perlintasan sungai menggunakan Pipa GIP, pekerjaan pembangunan Booster Sedati dan IPA Panji, dan pekerjaan aksesoris dan pekerjaan lainya.

baca juga :   Kementrian PUPR Alokasikan Anggaran Rehab Sapras Milyaran Rupiah di Pamekasan dan Sampang Madura
Para pekerja PT. Waskita Karya TBK, sedang melakukan pengeboran dan penyambungan pipa di Jln. Mayjend Sungkono Kecamatan Kebomas, Gresik.
Para pekerja PT. Waskita Karya TBK, sedang melakukan pengeboran dan penyambungan pipa di Jln. Mayjend Sungkono Kecamatan Kebomas, Gresik.

Panjang Total jaringan peripaan yang dipasang pada proyek ini adalah 49.982 meter, dengan rincian jaringan perpipaan yang dipasang di Kabupaten Sidoarjo adalah 19.340 meter, 23.607 meter di kabupaten Gresik dan 6.945 meter di Kota Pasuruan. Pekerjaan pembangunan Booster sedati dan IPA Siwalanpanji dilakukan di Kabupaten Sidoarjo. terangnya

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa proyek pembangunan jaringan perpipaan untuk percepatan SPAM Regional Umbulan provinsi Jawa Timur tersebut, hingga 22 Juli 2023 dilapangan sudah berprogress 55,028%. Pipa terpasang pada area Gresik sudah mencapai 12.505 meter dari total 23.607 meter, untuk area sidoarjo pipa terpasang sudah mencapai 18.275 meter dari total 19.340 meter, dan untuk area Pasuruan sudah terpasang 6.807 meter dari total 6.945 meter.

Total keseluruhan, pemasangan pipa yang sudah terpasang pada proyek tersebut sudah mencapai 37.587 meter.

Metode pelaksanaan pekerjaan pemasangan jaringan perpipaan yang digunakan pada proyek tersebut ada 4 jenis, yaitu Metode Galian Open Cut Mekanis, Metode Horizontal Directional Drilling (HDD), Metode Boring Manual dan Metode Galian Manual.

Sedangkan, untuk metode galian open cut menggunakan alat berat berupa Excavator PC 75. Pada metode tersebut, area yang akan dipasang pipa digali menggunakan alat Excavator sepanjang yang diperlukan, setelah penggalian selesai dilanjutkan dengan proses pemasangan Pipa dan penimbunan Kembali (Rekondisi) area yang sudah di gali dengan material urugan pilihan dan dipadatkan per layer.

baca juga :   BBPJN Jawa Timur - Bali Bangun Fly Over Akses Bandara Juanda

Metode yang kedua adalah metode HDD, yaitu metode pengeboran secara horizontal sedalam lebih dari 4 meter, metode ini digunakan apabila area pekerjaan yang akan dilaksanakan sempit dan terdapat rintangan berupa sungai, crossing perlintasan, atau halangan lainya, sehingga tidak bisa di gali dengan open Cut.

Sedangkan, untuk area pekerjaan yang sempit dan lalu lintas padat, menggunakan metode yang ketiga yaitu boring manual.

Pada pemasangan Pipa dengan diameter kecil digunakan metode galian manual.

Sementara itu, pelaksanaan pekerjaan proyek ini di targetkan selesai pada akhir tahun 2023. Dan tantangan yang dihadapi pada proyek tersebut, berupa aspek teknis dan aspek social.

Untuk aspek teknis, tantangannya adalah kondisi tanah yang berbeda beda pada setiap lokasi pekerjaan.

Sehingga memerlukan penanganan khusus dan berbeda. Maka dari itu, PT. Waskita Karya juga terus berkoordinasi aktif dengan pemilik utilitas eksisting pada area pekerjaan pemasangan jaringan seperti Pipa PDAM, Pipa Gas, Pipa Kabel dan lain sebagainya.

baca juga :   Progres Pembangunan Kantor Lurah Abadi Jaya Mencapai 33 Persen

Agar bisa menyelesaikan tantangan social pada pelaksanaan proyek tersebut, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk juga terus ber koordinasi dengan Pemerintah setempat, Kepolisian daerah dan TNI pada area pekerjaan tersebut.

Dan sebelum dilaksanakanya pekerjaan di lapangan, pihak PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, Konsultan Supervisi KSO Yodya Karya – Ciriajasa EC dan PPK Air Minum BPPW Wilayah I juga melakukan sosialisasi pada Desa atau Kecamatan yang terdampak adanya pekerjaan pemasangan pipa.

Harapanya PT. Waskita Karya selaku Kontraktor Pelaksanan Proyek ini mampu menyelesaikan

proyek pembangunan jaringan perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur sesuai target yang di sepakati, sehingga masyarakat Kabupaten

sidoarjo, Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan dapat menikmati manfaat berupa air bersih dari Sumber Umbulan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com