Rayga Aiko, Gamer Muda Yang Menjanjikan

TN. JAKARTA l — Game sandbox, Roblox tiba-tiba populer di era pandemi Covid-19. Pada Bulan Juli lalu para gamer menghabiskan 3 miliar jam bermain Roblox, naik dua kali lebih banyak dari bulan sebelumnya. Apa yang membuat game ini tiba-tiba populer?

Pada dasarnya Roblox merupakan sandbox yang membuat penggunanya bisa membuat game sendiri. Mereka bisa membuat simulasi mulai dari memelihara hewan buas hingga membuat sebuah pesta meriah.

Salah satu Youtubers Milenial yang memulai memainkan Roblok adalah Rayga Aiko. Rayga Aiko memberi nama Youtube Channelnya sebagai R Team Studio beralamat kawat @THE-R2011

Rayga Aiko mulai mengisi channel R Team Studio dengan game-game yang dimainkan. Baik itu berupa Short, Video maupun Live.

“Baru mulai sih. Tapi followers juga sudah mulai naik.” ujarnya kepada media yang mewancarau.

“Aku pilih Roblox karena banya banget gamesnya. Tidak hanya games sih. Bisa berkreasi juga. Seru pokokny!” lanjut Rayga Aiko.

“Jadi temen temen bisa searching Youtubeku ya. R Team Studio atau alamat channelnya @THE-R2011.” ajak Rayga Aiko untuk subrek channelny.

Rayga Aiko adalah Siswa Kelas VI Junior School Of Nassa. Salah satu sekolah taraf Internasional di kawasan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Lalu seperti apa sih Roblox itu?

Dikutip dari Sumber Envato melalui sekolah.mu Game Roblox banyak sisi positifnya untuk anak.

Di berbagai belahan dunia, ada sekitar 150 juta anak-anak yang memainkan permainan Roblox dengan serius. Tidak sedikit dari mereka yang membangun sendiri permainan di dalam platform untuk dinikmati oleh pengguna lain. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat permainan Roblox untuk anak?
Meningkatkan Kreativitas Anak

Permainan Roblox secara umum merupakan platform tempat anak-anak bisa membuat game untuk bersenang-senang. Tidak seperti game lain yang ditujukan untuk anak-anak, Roblox tidak punya cerita atau narasi linier. Sebaliknya, game ini berfokus memungkinkan anak-anak menciptakan pengalaman mereka sendiri.
Misalnya saja, ketika si kecil membuka sebuah permainan, mereka akan diajak membangun struktur dan objek lain di Studio Roblox. Dari sini, mereka bisa belajar menggunakan imajinasi mereka untuk membuat cerita yang secara alami mendorong mereka untuk berpikir kreatif.
Membantu Anak Belajar Programming dan Coding

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa Roblos dapat menjadi media yang bagus untuk mengajarkan keterampilan pemrograman dan coding untuk anak-anak. Tidak seperti game lain, Roblox dirancang dengan mempertimbangkan aspek coding, dibangun dari dasar dengan menggunakan bahasa coding sederhana bernama Lua.
Bahasa inilah yang hadir dalam studio Roblox, area tempat anak-anak diajak untuk mendesain dan membuat permainan, lingkungan, dan objek mereka sendiri. Meskipun ini terdengar agak rumit dari segi desain, pada dasarnya tidak sesulit pemrograman lain.
Di Roblox Studio, pemula dapat memilih untuk menggunakan berbagai menu visual untuk menempatkan karakter dan objek lain di layar. Dalam banyak kasus, anak-anak cukup senang berada dalam tahap ini karena ini adalah cara yang bagus bagi mereka untuk menggunakan imajinasi mereka. Terlebih lagi, menu-menunya sangat

Melatih Skill Entrepreneurship
Meskipun Roblox sebagian besar bisa dimainkan secara gratis, pengguna bisa membeli Robux, sejenis mata uang yang bisa dipakai untuk transaksi dalam platform ini. Namun, tidak perlu khawatir karena bagi anak-anak sebenarnya tidak begitu penting membeli Robux untuk memiliki lebih akses ke fitur Roblox yang lebih banyak. Ayah Bunda bisa membatasi dana yang akan digunakan anak untuk membeli Robux (jika anak diizinkan membelinya).
Untuk anak yang sudah berhasil membangun game sendiri, ini justru jadi kesempatan emas. Mereka bisa membuat pengguna lain membayar mereka dengan Robux dengan memainkan game yang mereka buat. Sebuah langkah awal untuk melatih skill kewirausahaan, bukan?

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com