Tari Guel Aceh Tengah Raih Penghargaan Terbaik Dalam PKA Ke-8

TN.ACEH l — Tari Guel membuat penonton histeris saat peserta Aceh Tengah tampilkan Tari Guel di hadapan dewan juri dan panitia PKA Ke 8, peserta yang terakhir dari 23 kabupaten dengan nomor peserta Tari Guel nomor urut 23 tersebut membuahkan hasil dalam event PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) KE 8 mendapatkan juara terbaik dari 18 kabupaten.

Adapun kabupaten yang menjadi pemenang dalam tari Tradisional tersebut. Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Kota Lhoksemawe dari 18 Kabupaten penampilan tari terbaik.

Narasumber didalam Tari Guel dan Kreografi Tari Sining, tari sining ini juga sudah tampil 4 hari yang lalu pada tanggal 6 November 2023 di panggung utama Lapangan Ratu Safiatuddin mendapatkan lima besar penyaji tari terbaik Pekan Kebudayaan Aceh PKA ke 8 se-Aceh.

Malam ini kembali lagi tanggal 10 November 2023 hari Jum’at malam sabtu jam 22 : 00 WIB. Mengemparkan gedung utama Taman Budaya Aceh, Aceh Tengah menjadi Juara terbaik.

Tari Guel Tradisional yang di tarikan sudah sesuai dengan Warisan Budaya Tak Benda WBTB di Jakarta di pada tahun 2016, dalam lengenda Tari Guel tersebut pemeran dan para penari sudah sesuai dengan permitaan Juknis Panitia dan permitaan yang di WBTB kan saat tampil di dalam gedung panggung utama Taman Budaya Aceh, tidak ada penambahan pernak-pernik ataupun alat musik lainnya sudah di sesuaikan pada saat tampil.

Alat musik yang mengiring: Vocalis,
Suling, gong, canang dan gegedem. Baju yang ditampilkan peserta khas Kerawang Gayo. Upuh ulen-ulen dan pakain kerawang beberu jemen memakai kepies di atas kepala baju bermotif kerawang Gayo juga.

“Tari Guel Kali ini unsur tradisinya lebih kental dan di tonjolkan sesuai dengan juknis yang di minta oleh panitia PKA Ke 8,” terang Pelatih Tari Guel Dahlan sekaligus sebagai penangung jawab latihan dan sekalian penari Tari Guel (Sebagai Sengeda).

Sementara yang dikoordinatori oleh Wandi Gajo, sebagai Bener Meriah Mustafa, sebagai Vokalis Senior Zuhra dan Junior Ahmadi Melala, sebagai suling Jufri , gegedem Aldi, Arayan, Afiz canang dan Gong Frans Tosa, Pendi, Wafi dan Pengiring penari ada 7 Peteri Gayo diantaranya, Anggun, Ifah, Nia Biner, Nida, Kia dan Elvi.

Dari penampilan tersebut kontingen Aceh Tengah ini mendapatkan penghargaan Plakat bertuliskan tari tradisi dan uang pembinaan Rp. 7.000.000.- Tujuh juta rupiah.***

(Jasa Purnama, SH.)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com