Tari Guel Asal Aceh Tengah Akan Tampil Di PKA Ke-8

TN. ACEH l — Tari tradisi guel asal Aceh Tengah akan ikut diajang lomba kriteria tradisi aceh di PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA Ke 8) di Provinsi Aceh.

Menurut Jasa Purnama, salah satu senior penari guel yang turut mendampingi para penari guel yang akan ikut pada ajang PIALA, adalah tari guel yang unsur tradisi lebih kental sesuai dengan juknis yang di minta oleh panitia.

Sementara Dahlan sebagai penangung jawab latihan dan sekalian penari tari suel (sebagai Sengeda), yang dikoordinatori oleh Wandi GaJo, sebagai Bener Meriah Mustafa, Vokalis ternama aceh tengah Fatimatuzuhraini, SH. (Zuhra dan Ahmadi Melala) sebagai suling Jufri, gegedem Aldi, Arayan, Afiz canang dan gong Frans tosa, Pendi, wafi.

“Sebagai pengiring tari guel ada 7 penari Gayo di antaranya, Anggun, ifah, Nia Biner, Nida, Kia dan Elvi,” terang Dahlan.

Menurut Dahlan, tari guel ini sudah di akui menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di tahun 2016 di Jakarta. Tari Guel ini akan tampil jumat malam Tgl 10 November 2023 Malam, di Gedung Utama Taman Budaya Aceh. Narasumber dan kreografi tari Sining, tari sining yang sudah tampil 3 hari lalu di Panggung Utama Lapangan Ratu Safiatuddin mendapat lima penyaji terbaik se-Aceh.***

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com