DPD LSM LIRA Sidoarjo, Rayakan Ultah ke-18 di Kantor Sekretariat Berjalan Sukses

Bupati LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo, Winarno, ST, SH, M.hum (tengah), saat merayakan Harla LSM LIRA ke-18, Sabtu (29/7/2033)
Bupati LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo, Winarno, ST, SH, M.hum (tengah), saat merayakan Harla LSM LIRA ke-18, Sabtu (29/7/2033)

SIDOARJO, transnews.co.id – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) yang ke-18, Dewan Pimpinan Daerah (DPD LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, menggelar tasyakuran dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18, dilaksanakan di Sekretariat DPD LSM Kabupaten Sidoarjo di Ruko Semi Modern Nomor 6 Desa Sidodadi kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (29/7/2023).

Acara Syukuran HUT ke-18 LIRA tersebut, dihadiri oleh Bupati LSM LIRA kabupaten Sidoarjo, Winarno, ST, SH, Mhum, Dewan Penasehat, Dewan Pakar dan seluruh jajaran pengurus DPD LSM LIRA kabupaten Sidoarjo dan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK).

Acara inti HUT ke-18 LIRA Kabupaten Sidoarjo dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Mama Ci, dan dilanjutkan sambutan Ketua Panitia Riduan, SH, S.Sos.

Dalam sambutannya, Riduan mengajak pada seluruh jajaran pengurus dan anggota LSM LIRA kabupaten Sidoarjo untuk introspeksi dan mengevaluasi diri, apakah yang sudah kita perbuat untuk masyarakat, karena LSM LIRA hadir ditengah masyarakat bukan karena baju seragam, melainkan LSM LIRA hadir harus membawa manfaat di masyarakat, ujar Riduan

baca juga :   LSM LIRA Se-Jatim Gelar Orasi di Grahadi Dukung KPK Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Hibah di Jatim 

Lain halnya dengan Tri Indroyono, mantan anggota legislatif kabupaten Sidoarjo fraksi PDIP tersebut, menegaskan bahwa LSM LIRA bukan LSM KSB atau LSM ketua, sekretaris dan bendahara. LSM LIRA adalah LSM yang akan membawa pengabdian bagi masyarakat Sidoarjo. katanya

“LSM LIRA hadir karena kinerja pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan regulasi dan kebijakan – kebijakannya tidak berpihak pada kepentingan rakyat. Keberadaan dewan perwakilan rakyat (DPR) belum bisa mewakili suara rakyat kabupaten Sidoarjo, katanya

Jajaran pengurus DPD LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo, saat memperingati HUT LSM LIRA ke 18 di Ruko Semi Modern Sidodadi Kec. Candi, Sidoarjo, Sabtu (29/7/2023)
Jajaran pengurus DPD LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo, saat memperingati HUT LSM LIRA ke 18 di Ruko Semi Modern Sidodadi Kec. Candi, Sidoarjo, Sabtu (29/7/2023)

Sementara itu, Winarno menjelaskan bahwa legal standing atau legalitas Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) adalah lembaga yang berbadan hukum, dan di syahkan oleh Kementerian hukum dan HAM, jadi jelas LSM LIRA adalah produk undang – undang yang tidak dibiayai oleh APBN maupun APBD. Sedangkan fungsi kami adalah sebagai advokasi, mengawasi jalannya pemerintah, social scurity atau juga dibilang kelompok masyarakat yang tugasnya mengawasi jalannya pemerintahan, jelas Winarno

baca juga :   Winarno Resmikan Kantor LBH LSM LIRA Sidoarjo dan Kafe Dea 3

Lebih lanjut, Winarno menjelaskan bahwa hingga saat ini anggota LSM LIRA yang terdaptar di Sekretariat daerahnya sudah ada 450 orang yang tersebar di 14 Kecamatan dengan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK).

Namun demikian, dalam menangani laporan atau pengaduan masyarakat tersebut, kita mengedepankan problem solving, ucapnya

Dilain pihak, Kepala Desa Sidodadi Peni Setyotutik mengapresiasi dengan keberadaan LSM LIRA kabupaten Sidoarjo yang selalu kompak dan solid, semoga keberadaan LSM LIRA membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten Sidoarjo, khususnya Desa Sidodadi, tuturnya

baca juga :   DPD LSM LIRA Kabupaten Sidoarjo Audiensi ke SMAN 3

Setelah acara inti selesai, maka puncak kegiatan ditutup dengan pembacaan doa, dan dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng yang dipimpin langsung oleh Bupati LSM LIRA kabupaten Sidoarjo Winarno, dan dilanjutkan dengan rama – tama bersama seluruh jajaran pengurus dan anggota DPD LSM LIRA kabupaten Sidoarjo.

Acara semakin meriah, berkat adanya hiburan Elektone musik, dimana musisinya dan artisnya adalah para anggota LSM LIRA kabupaten Sidoarjo sendiri.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com